Alur Proses Seleksi Beasiswa LPDP



1. Pendaftaran online
Sebelum melakukan pendaftaran online, kamu bisa mendownload “User Manual Pendaftaran Beasiswa LPDP” disini
Pendaftaran online ini dimulai dengan membuat akun dan mengisi data diri peserta di website beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id. Pastikan kamu mengisi data diri secara lengkap dan benar sesuai pedoman User Manual. Upload berkas-berkas persyaratan bisa dilakukan menyusul dan bertahap setelah pengisian data diri, tetapi pastikan kamu sudah melengkapi upload berkas jauh-jauh hari sebelum penutupan pendaftaran menghindari crash nya website.
Semua dokumen yang sudah kamu scan dan upload tadi wajib dibawa saat seleksi substansi apabila kamu lulus seleksi administrasi, pastikan semua dokumen kamu tersusun rapi dan semuanya asli bukan fotocopy.

2. Seleksi Administrasi
Pendaftar yang diproses dalam tahapan ini adalah yang sudah mengisi data diri secara lengkap, mengunggah berkas-berkas yang dipersyaratkan dan submit di pendaftaran online. Kelengkapan data dan berkas yang kamu submit termasuk essay mempengaruhi seleksi administrasi ini. Saya membahas mengenai essay di postingan berikut ini à nyusul yaa

3. Seleksi Substansi
Pendaftar yang berhak mengikuti seleksi substansi adalah pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Pengumuman lolos seleksi administrasi bisa kamu cek di akun pendaftaran kamu di website beasiswa. Saya membaca beberapa blog yang mengatakan bahwa pemberitahuan lolos seleksi administrasi juga diberitahukan via email/SMS. Namun saat periode saya, pemberitahuan hanya melalui akun pendaftaran beasiswa. Di akun pendaftaran ini kamu juga akan mendapatkan jadwal seleksi substansi (hari, tanggal dan jam) dan kelompok LGD/Essay. Pastikan kamu mengeceknya lagi setelah beberapa hari karena berdasarkan pengalaman saya, nomor kelompok bisa berubah. Pada periode saya, hanya diberitahukan nomor kelompok tanpa nama-nama anggota kelompok seperti periode-periode terdahulu (yep, menurut blog yang dulu saya baca).

Seleksi substansi ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu:
·      Verifikasi berkas
Verifikasi berkas dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah kamu peroleh di akun pendaftaran. Verifikasi berkas tidak selalu dilakukan diawal tahapan, kamu bisa melakukan tahapan seleksi lain terlebih dahulu sesuai jadwal yang ada. Apabila ada jadwal yang bentrok, segera hubungi panitia.

·      Wawancara
Ini merupakan tahapan paling penting karena 70% penilaian berdasarkan wawancara. Kelompok (Meja) wawancara ini diklasifikasikan berdasarkan bidang ilmu, misal meja 1 untuk bidang teknik, meja 2 untuk bidang kesehatan dan seterusnya. Interviewer terdiri dari 3 orang ahli: seorang profesor psikologi serta dua orang dosen/peneliti bergelar doktor sesuai bidang kalian (atau bisa juga salah satunya merupakan perwakilan khusus dari LPDP). Waktu yang dihabiskan setiap peserta untuk wawancara berbeda-beda, mulai dari 20 menit hingga satu jam. Bergantung pada jawaban peserta dan minat para pewawancara. Untuk prediksi pertanyaan wawancara LPDP bisa lihat disini

·      Leaderless Group Discussion (LGD)
LGD ini dilakukan berdasarkan nomor kelompok yang sudah dibagi di akun pendaftaran. Kelompok ini terdiri dari 8-10 anggota yang akan duduk setengah melingkar mendiskusikan penyelesaian isu yang menjadi topik diskusi. Topik yang menjadi bahan diskusi merupakan isu-isu terkini yang sedang menjadi perhatian publik. Jalannya diskusi ini diamati dan dinilai oleh dua orang psikolog. Sebelum memulai diskusi, peserta diberikan waktu 5 menit untuk membaca pengantar topik diskusi. Waktu yang diberikan untuk LGD terbatas yaitu maksimal 45 menit.

·      Essay on the Spot (EOTS)
Kelompok EOTS ini sama dengan kelompok LGD, jadi kamu akan berada satu ruangan dengan mereka. Kamu akan diberikan pilihan 2 topik (masing-masing diikuti sebuah paragraf penjelasan/pengantar) untuk dipilih salah satu dan dikembangkan. Waktu yang diberikan untuk menulis essay adalah 30 menit. Saran saya adalah memilih topik yang paling kamu pahami dan fokus untuk memberikan penyelesaian masalah yang ada ditopik tersebut.

PS: LGD dan EOTS dilaksanakan full English sedangkan wawancara 80% English untuk pelamar tujuan luar negeri.

Tahapan di atas dilakukan secara acak bergantian, jadi ada peserta yang melaksanakan Wawancara dulu, Verifikasi dulu, LGD dulu atau EOTS terlebih dulu, tergantung pada urutan kelompok dan jadwal yang sudah dibagi. Seleksi ini biasanya terdiri dari 3 hari (biasanya Rabu-Jumat) di setiap kota. Ada yang memperoleh jadwal sehari untuk ketiga tahapan (Saya!) dan ada juga yang dijadwalkan untuk dua atau tiga hari. Untuk pengalaman lengkap saya dan tips-tips mengenai seleksi substansi bisa cek disini ànyusul yaa

4. Pengumuman Kelulusan
Pengumuman kelulusan ini bisa dilihat di akun pendaftaran beasiswa, atau bisa cek email apabila website beasiswa (uhuk, biasanya) crash atau overload karena diakses ribuan orang bersamaan.


Selamat Berjuang! J

0 komentar:

Posting Komentar

Search This Blog

Pinterest Gallery

featured Slider

Instagram

Tweet Tweet

Like us